Berita

BREAKING NEWS
Kejari Pangkep Tetapkan Kasus Penyaluran Kredit Fiktif di Pangkep Naik ke Penyidikan
Kamis, 04 Mei 2023
17:45 WIB

Pangkep - Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkep meningkatkan penanganan perkara dugaan korupsi penggunaan rekening dan kredit nasabah pada BRI KC Pangkep Tahun 2016 hingga 2022 dari tahap Penyelidikan ke tahap Penyidikan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pangkep, Toto Roedianto mengatakan, berdasarkan ekspose bersama Tim Jaksa Penyelidik dengan Tim Adhoc ditemukan potensi kerugian sebesar Rp 2 miliar 246 juta, dalam penyaluran kredit tersebut

"Setelah melalu proses pemeriksaan, terdapat potensi kerugian kurang lebih sebesar dua koma dua miliar, tapi angka ini masih kemungkinan dari tim kami, kami masih menunggu hasil audit spesial, tapi nilai tersebut memang berdasar dari hasil audit ad hoc," ujar Toto Roedianto, Rabu (03/05/2023).

Lebih jauh dikatakan jika terdapat Indikasi pelanggaran, dalam pelaksanaan penyaluran kredit pada BRI Cabang Pangkep, penggunaan atau penguasaan rekening dan kartu ATM nasabah sejak periode 2016 hingga Desember 2022 terdapat kredit yang digunakan sebagian oleh debitur dan sebagian digunakan oleh orang lain atau yang biasa disebut dengan kredit tempilan.

"Ditemukan pengajuan kredit dengan menggunakan nama orang lain dan uangnya dikuasai atau digunakan seluruhnya oleh orang lain yang bukan debitur atau yang biasa disebut dengan kredit topengan," pungkasnya.

Terpisah Pemimpin Cabang BRI Pangkep, Johanes Alfred Simanjutak mengatakan, bahwa pihak BRI sendiri telah menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut kepada pihak yang berwenang sesuai dengan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

"Kami menghormati proses hukum yang sedang berlangsung, dan atas kejadian tersebut BRI telah melakukan pemecatan terhadap pekerja yang terlibat, serta melaporkan dan memproses perbuatan oknum secara hukum," ungkap pria yang akrab disapa Alfred tersebut.

Kamis, 04 Mei 2023

Kasus Korupsi Kredit Fiktif Bank BRI KC Pangkep Capai Rp2 Miliar Lebih

Kamis, 04 Mei 2023

Forkopimda Pangkep Rakor Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kemendagri

Kamis, 04 Mei 2023

Kejari Pangkep Hentikan Penuntutan Berdasarkan Restorative Justice

Kamis, 04 Mei 2023

Fajar Gurindro Dimutasi Ke Kalsel, Toto Roedianto Kajari Pangkep

Kamis, 04 Mei 2023

Kasus Kredit Fiktif Rp2,2 Miliar Naik ke Penyidikan Kejari Pangkep

logo
KEJAKSAAN NEGERI PANGKEP
SULAWESI SELATAN

Konten situs ini bersifat informatif
bukan merupakan legal opinion dari Kejari Pangkep
apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper maka yang
menjadi acuan adalah data resmi paper based

@2023 Kejari Pangkep All Right Reserved